Streaming
Berita
AR POENYA CERITA
Blue Origin, perusahaan aerospace yang berfokus membuka pariwisata ke luar angkasa suborbital bagi publik (suborbital: tidak mengorbit Bumi) akhirnya sukses meluncurkan empat penumpang pertamanya pada 20 Juli 2021 kemarin.

Jeff Bezos dan adiknya Mark Bezos, legenda di dunia penerbangan AS berusia 82 tahun Wally Funk, serta mahasiswa asal Belanda berusia 18 tahun Oliver Daemen menaiki kapsul New Shepard dari fasilitas Launch Site One, West Texas, AS.

Roket New Shepard berhasil lepas landas pada pukul 20:11 WIB. Dengan mesin BE-3 nya, New Shepard berakselerasi hingga melebihi kecepatan suara dalam satu menit. 2 menit 20 detik setelah lepas landas, mesin dimatikan dan para penumpang di kapsul mulai mengalami kondisi zero-G seperti yang dialami astronot.

Beberapa saat kemudian, kapsul memisahkan diri dari booster roket dan terus naik hingga mencapai puncak tertingginya yang tercapai yakni sekitar 107 km dimana ketinggian tersebut telah masuk wilayah angkasa sesuai kesepakatan internasional (ketinggian 100 km atau karman line adalah batas angkasa dengan atmosfer) hingga akhirnya kembali jatuh ke Bumi.

Selama di angkasa, para penumpang bisa menikmati pemandangan Bumi di luar berkat 6 jendela besar yang terdapat di kapsul. Sebuah video di dalam kapsul yang dirilis Jeff Bezos memperlihatkan para penumpang menikmati keindahan Bumi selagi melayang di kondisi zero-G, tampak bergembira  bermain dengan permen dan barang-barang lainnya.

Selama masuk kembali ke atmosfer, booster menggunakan sirip dan penghambat udara untuk memperlambat kecepatan jatuhnya, kemudian menyalakan kembali mesin BE-3 serta melepaskan empat kaki pendaratan hingga akhirnya booster sukses mendarat di landing pad sekitar tujuh menit setelah lepas landas.

Sedangkan kapsul membuka tiga parasut utamanya untuk memperlambat kecepatan jatuh hingga akhirnya sukses mendarat di gurun West Texas sekitar hampir 11 menit setelah lepas landas.

Kesuksesan peluncuran ini menjadikan Oliver Daemen dan Wally Funk sebagai manusia termuda dan tertua yang pernah ke luar angkasa.

Beranda | Program | Berita | Gallery | Kontak


© 2012. Radio AR Bali. All Rights Reserved
Design by Alamaya